Wednesday, September 15, 2010

Valrhona Caraibe 66% - Balanced and Velvety

Yap,seperti judulnya, tokoh kali Valrhona lagi.
Valrhona Caraibe 66% - Balanced and Velvety.

Hari ini gw lagi pengen mencoba eksperimen sedikit.
Seorang ahli pastry ngajari gw, bahwa rasa bitter dan intens yang biasanya bikin eneg dan menutupi rasa tersembunyi dari cokelat bisa "dilawan" dengan rasa asin, membuat lidah tersegarkan dan netral kembali(Kaskus nickname : Chocolatea. Hats off to the great pattiserier!). Jadi, tasting kali ini gw coba "membongkar" cokelat dengan menggunakan air garam. Nggak perlu terlalu asin, sekitar 1/2 sendok teh + setengah cangkir air.
Rasanya?Yum!!Asin, sedikit sepat, dan ternyata bisa menghilangkan bau pasta gigi yang ada di mulut gw.
Seems perfect.

Okay, cukup ngomongin air garam, yuk mulai ber-cokelat ria.


Packingnya :
Ketika dibeli, berbentuk kotak lebar namun tipis. Kotak karton hitam elegan khas Valrhona. Terdapat lekukan di bagian belakang, ditarik sedikit sudah bisa terbuka(Kalo cokelatnya nggak abis, ada slot kecil buat nutup lagi).Di dalemnya terdapat bungkusan plastik lagi berwarna hitam. Bungkusan dengan bahan sama dengan pembungkus snack, berbeda dibandingkan cokelat pada umumnya yang menggunakan kertas emas atau silver.Bentuknya pun berbeda, dengan simbol Valrhona di pojok dan garis patahan yang sembarangan tiap kotaknya.
Keren, ngasi impresi cokelat elegan dan mahal. Buruknya, membuka cokelat pas di atas tanpa mematahkan cokelatnya agak susah! Gak sabaran, gw buka aja lewat samping. Gampang. Toh juga bungkusnya gak gw pake lagi. Pasti abis. :-P

Cokelatnya :
Warna, ya warna cokelat. Lebih terang daripada Guanaja, lebih gelap daripada Villars, lebih seperti warna sepatu kulit.
Dipegang, usap sedikit, terasa ada butiran serbuk kakao sedikit, permukaan cokelat halus mulus. sedikit bubuk cokelat nempel di tangan, tidak ada lemak yang mencair di tangan.
Dihirup dalam-dalam, tercium aroma kayu yang segar. I personally like this fragrance. Aroma yang benar-benar relaxing.
Gigitan pertama, cokelat hancur di mulut dengan mudah, meleleh perlahan-lahan, terasa kental dan intens. Rasa pahit dan robust memenuhi mulut, terasa sedikit rasa kokoa di sana sini, menempel di lidah, gigi, dan langit-langit mulut. Nggak banyak detail yang bisa gw dapet.
Gigitan kedua, rasa asam mulai terasa, diikuti rasa manis. Cokelat meleleh, lalu meluncur langsung ke tenggorokan. Ups, belom sempet nyari detail rasa.
Gigitan ketiga, kali ini gw gigit, gw puter-puter di mulut. chewy sesaat, lalu meleleh. Sekali lagi rasa dominan yang terasa adalah manis yang woody diikuti rasa asam. Gw gak bisa nangkep rasa yang gw kenali di ujung mulut, dan begitu cokelat bergerak melalui sisi lidah, terasa rasa roasted nut dengan masi terasa aroma kayu.
Aftertaste terasa aroma kakao robust dan intens, sedikit dry di mulut(tidak se-dry Lindt), dan sedikit rasa asam. Mirip aftertaste espresso.

Gw minum air garam, puter-puter di mulut sebentar, lalu telan. Agak sayang sih, aroma kakao-nya hilang. Tapi sejenak kemudian, semua itu rasanya worth it!
Kali ini gigit cokelat lagi, aroma floral-nya keluar.
Rasa yang sebelumnya berat, intens bikin mulut penuh digantikan aroma wangi yang segar, meluncur ke langit-langit mulut dan tenggorokan.
Hmm..sedikit rasa cokelat yang familiar di ujung lidah, mungkin hazelnut, mungkin vanilla. I'm not sure.
Terasa tipis rasa kismis dan sedikit rasa asam lemon-jeruk yang fruity.
Kali ini aftertaste yang terasa asam, aroma floral yang tadinya penuh di mulut ternyata tidak bertahan lama. Dryness tidak banyak berubah. Hanya rasa kakao pahit intens saja yang hilang, tersisa asam dan a little bit fruity.

Overall :
Seperti labelnya, cokelat ini terasa seimbang. Aroma woody, rasa asam, pahit, nutty, dan floral yang menjadi keunggulan Valrhona terasa semua. Tekstur berasa kental, namun meleleh dan meluncur di mulut dengan sempurna, dengan meninggalkan rasa kering di mulut dan rasa kokoa yang robust dan intens, lalu diikuti rasa asam yang lama.
Tetap saja, cokelat ini masih bisa terasa terlalu asam atau pahit bagi mereka yang terbiasa makan cokelat manis(contoh : Ritter Sport, Silver Queen, Guylian).

Score : 9/10

nb : Gw melakukan sedikit kesalahan, judul awal salah post ini : "... - Velvety and Chocolaty", dan seharusnya " ...- Balanced and Velvety". Ini karena gw ke-mix-up antara tagline Caraibe n Jivara. Jadi kalau post link di FB atau semacamnya, kalau yang muncul salah, that's my mistake. Sorry. :-P

No comments:

Post a Comment