Wednesday, September 8, 2010

Valrhona Guanaja 70% - Bittersweet and Elegant


Valrhona Guanaja(Coins).

Dark Chocolate 70% karya Valrhona.
Cokelat yang sangat intense, dengan sedikit note floral(bunga) dan rasa acidic-bitter(asam-pahit) yang kuat.

Valrhona Guanaja biasanya dijual dalam bentuk bar ready-to-eat, tapi kali ini gw mendapatkan Guanaja dalam bentuk "Les Feves", yaitu bentuk oval khas cokelat baking Valrhona.
Penampilan, well, gak terlalu bagus. Cokelat yang gw dapatkan sudah ditaro di kulkas, dibawa naek pesawat, naek kereta, dan segala macem. Bagian luarnya agak kasar, tapi untungnya cuman fat bloom, jadi rasa nggak rusak.
Dipegang tidak gampang leleh, cuman sedikit lemak dan noda di jari. Dipatahkan pun *TUK*, potongan garis lurus bersih(Benar2 bersih! satu garis lurus tanpa pecahan). Kalo dihirup, tercium aroma asam/kecut yang kuat, baru diikuti sedikit aroma kakao.
Masuk ke mulut, agak crunchy seperti kacang, lalu dengan cepat meleleh dengan sempurna. Tidak ada potongan besar ataupun berpasir.
Aroma pertama yang terasa, aroma kakao,langsung diikuti rasa asam yang kuat. Sangat acidic, kemudian diikuti dengan manis dan wangi bunga yang sangat tipis(jasmine tea, maybe?gak yakin penuh, ada sedikit). Terasa juga rasa gurihnya kacang-kacangan dibakar(roasted nut) dan manisnya pisang di sela-sela rasa manis dan aroma kopi. Rasa pahit-manis-asam-wangi-nya juga ngingetin gw ke rasa obat tradisional China(dried herbs).
Aftertaste terasa sangat lama kokoa dan kopi gosong(roasted coffee) yang berat, diimbangi aroma wangi yang ringan dan rasa kesat-kering(dry) di lidah dan langit-langit mulut.

Overall, gw kasih rating 9/10.
Salah satu cokelat terbaik yang pernah gw rasain.
Cokelat yang intens, cocok bagi mereka yang doyan dark chocolate.
Gw coba kasih ini ke beberapa orang yang terbiasa makan cokelat manis, dan rata-rata berkata "pahit!".
Jadi kalau suka makanan manis, gw sarankan beli cokelat lain.(Coba Guylian, Droste, atau Cadbury)
Sebaliknya, kalau suka pahitnya espresso, bolehlah coba cokelat satu ini!
You won't be disappointed.

No comments:

Post a Comment