Monday, September 6, 2010

Ritter Sport Fine Extra Dark Chocolate Bar

Salah satu cokelat komersial paling umum di Indonesia!
Cokelat Jerman Ritter Sport Amargo Extrafino.

Udah berkali-kali makan cokelat ini, baru beberapa hari yang lalu benar-benar makan untuk merasakan. Sebelomnya cuman buat iseng-iseng karena doyan aja.




Warna cokelat tua, hampir berwarna hitam. Di foto keliahatan seperti warna cokelat muda gara-gara blitz.
Diusap pake tangan cokelat ga gampang leleh, snap pun bagus, *TAK* langsung patah. Ada sedikit remah-remah(crumble) di sana sini, tapi it's OK lah.
Begitu dihirup, aroma dominan yang terasa aroma tembakau. Yeap, gw bukan perokok, tapi gw yakin aroma yang gw rasain adalah aroma tembakau. Persis kalo sebatang rokok ditempelin ke hidung lalu lu cium dalem-dalem.

Berikutnya, rasanya. Nilai plus dari cokelat ini ada di vanillanya. Rasa vanilla yang gw rasakan terasa vanilla alami, bukan vanillin(perasa vanilla sintetis).
Ketika dikunyah terasa rasa kacang(nutty flavor) dan vanilla-nya.
Tekstur cokelat firm,dikunyah terasa seperti ngunyah kacang. Kratak-kratak krutuk-krutuk. Pribadi, gw suka. Yang gak gw suka adalah hal berikutnya.
Melt alias melelehnya BURUK! Cokelat meleleh, terasa cair dan berputar di mulut, tapi sayangnya ada potongan-potongan kecil masih melayang-layang. Kalo maksa dikunyah, yang ada malah yang udah cair masuk duluan ke perut.
Setelah cokelat semua masuk, rasa yang tertinggal adalah rasa kopi gosong. Bagi mereka yang doyan baking, mungkin akan bilang ini rasa sebuk kakao gosong. Terasa kering di mulut disertai rasa robust diikuti pahit.

Overall, cokelat ini bagus bagi mereka yang doyan cokelat pahit. Cokelat ini juga bagus bagi mereka yang baru mulai tasting cokelat, karakter rasa nya keluar semua, gak ada rasa yang mbulet maupun tersembunyi.
Sedangkan bagi mereka yang doyan fine chocolate, makhluk ini bisa mengecewakan anda. Rasa kacang dan aftertaste burnt coffee terlalu kuat, plus tidak ada rasa tersembunyi yang bikin otak dan lidah penasaran.

Rating : 6/10

1 comment:

  1. Gw mesti nyoba nih gmana rasa tembakaunya ......

    ReplyDelete